Beranda | Artikel
Apakah Berlomba dalam Kebaikan Termasuk Hasad?
Rabu, 15 Agustus 2018

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary

Apakah Berlomba dalam Kebaikan Termasuk Hasad? ini merupakan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh: Ustadz Abu Ihsan Al-Atsaary. dalam pembahasan Kitab Aktualisasi Akhlak Muslim yang sangat penting untuk diketahui oleh setiap muslim. Kajian ini disampaikan pada 18 Syawwal 1439 H / 02 Juli 2018 M.

Kajian Tentang Apakah Berlomba dalam Kebaikan Termasuk Hasad? – Aktualisasi Akhlak Muslim

Banyak orang yang mengira bahwa berlomba-lomba dalam kebaikan termasuk dalam kategori hasad. Padahal tidak demikian. Nabi Muhamaad shallallahu ‘alaihi wa allam menyebutkan, “jangan kamu saling berlomba-lomba dalam keburukan dan jangan kamu saling hasad satu sama lain.”

Hasad Yang Terpuji

Kita berlomba-lomba dalam kebaikan, ketaatan, amal shalih, ibadah dan lain sebagainya dengan saudara-saudara kita, itu adalah sesuatu yang terpuji. Bahkan ini termasuk akhlak yang terpuji. Hal ini menunjukkan level iman seseorang. Begitulah para sahabat terdahulu. Mereka saling berlomba dan seolah tidak mau kalah dengan saudaranya didalam kebaikan-kebaikan. Ini adalah hal yang positif dan membawa kepada keutamaan-keutamaan.

Jadi munafasah ini adalah usaha keras seseorang untuk menyerupai dan menyamai orang lain didalam hal kebaikan-kebaikan tanpa merasa benci terhadap orang tersebut apalagi menginginkan keburukan atas orang itu. Sementara hasad itu muncul dari perasaan benci terhadap kelebihan-kelebihan yang ada pada orang lain dan kadang kala diiringi dengan keinginan-keinginan buruk. Adapun munafasah adalah keinginan untuk sama dengan orang lain didalam kebaikan-kebaikan. Tentunya dengan cara-cara yang dibenarkan didalam syariat Islam.

Munafasah ini adalah yang disebut dan disinggung oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam didalam hadits yang diriwayatkan oleh Abdullah ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

لاَحَسَدَ إِلاَّ فِى اثْنَتَيْنِ رَجُلٌ آتَاهُ اللَّهُ مَالاً فَسَلَّطَهُ عّلّى هَلَكَتِهِ فِى الْحَقِّ وَرَجُلٌ آتَاهُ اللَّهُ حِكْمَةً فَهُوَ يَقْضِى بِهَا وَيُعَلِّمُهَا

“Tidak ada hasad kecuali kepada dua orang,yang pertama; kepada seseorang yang telah diberi harta kekayaan oleh Allah dan ia habiskan dijalan yang benar, yang kedua; kepada seseorang yang telah diberi hikmah (ilmu) oleh Allah dan ia memutuskan perkara dengannya serta mengajarkannya. (HR. Bukhari)

Simak Penjelasan Lengkap dan Download MP3 Kajian Tentang Apakah Berlomba dalam Kebaikan Termasuk Hasad? – Aktualisasi Akhlak Muslim


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/44512-apakah-berlomba-dalam-kebaikan-termasuk-hasad/